15 Januari 2009

Diklat Media Pembelajaran & Blog di SMA 1 Wonosari

Wah, cukup melelahkan memandu bapak-ibu guru SMA 1 Wonosari, Gunungkidul dalam diklat membuat media pembelajaran dan weblog, meskipun hanya media pembelajaran presentasi. Karena ternyata banyak sekali fitur yang berada di editor presentasi tersebut belum sepenuhnya diketahui, apalagi hingga mempergunakannya.
Meskipun ada beberapa praktisi yang menegaskan bahwa untuk membuat suatu media pembelajaran yang bagus harus menggunakan beberapa program, dapat ditepis. Hal ini sebenarnya berawal dari pepatah "Ada seribu jalan ke Roma", editor media pembelajaran sudah menyediakan sedemikian banyak fasilitas dari insert objek yang beraneka ragam (gambar-movie-suara), animasi, trigger, background, dan seterusnya.

Sebenarnya media pembelajaran yang bagus dapat dimulai dari diri sendiri dengan langkah awal IMAJINASI dan INSPIRASI. Imajinasi, kita berharap sampai dimana terhadap media presentasi kita itu. Inspirasi, berapa banyak database media presentasi yang kita miliki dari teman, download, ngopi, dan kita lihat hingga saat ini.
Langkah berikutnya, tinggal kita kompilasikan (bila kita mau seperti itu) atau kalau kita masih memiliki rasa respek pada karya orang lain, ya kita coba membuat sendiri dengan referensi dari dokumen-dokumen yang telah kita miliki tersebut.

Saat sudah sampai ke weblog, wah, ini yang paling menyenangkan. Tanpa modal dasar html, PHP, SQL, desainer grafis, dan seterusnya para peserta diklat dapat membuat suatu tulisan/sejenis di internet dan dapat diakses oleh seluruh orang di dunia. WOW....
Target ke depan adalah setiap rumpun mata pelajaran akan menampilkan media pembelajarannya di masing-masing blog. Sehingga siswa kalau mau konsultasi atau sejenisnya ke guru yang bersangkutan tidak harus bertatap muka langsung, meski kemungkinan bertatap muka lebih besar dari kemungkinan untuk mengunjungi blog guru tersebut... :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar