15 Januari 2009

Imbas Pelatihan PAS-SMA RSBI di SMA 1 Wonosari

Bulan Desember 2008, dilaksanakan pelatihan PAS (Paket Aplikasi Sekolah) SMA bertempat di SMA 8 Yogyakarta. Inti dari pelatihan tersebut adalah bagaimana cara mengoperasikan PAS-SMA tersebut dari mengisi referensi hingga menggunakan fasilitas layanan SMS gateway.

Depdiknas membuat kebijakan bagi seluruh sekolah RSBI wajib menggunakan PAS ini di sekolah masing-masing sehingga lebih mudah dalam mengetahui seluruh informasi yang ada di sekolah tersebut dengan cepat-tepat-akurat. Masalah yang muncul dari kebijakan tersebut adalah keterbatasan yang ada di setiap sekolah berbeda-beda. Bahkan ada sekolah yang sudah menerapkan program manajemen semacam PAS, dan ada sederetan masalah lain.
Lalu..
Depdiknas memperlunak kebijakan tersebut menjadi:
Sekolah boleh mempergunakan program manajemen (sistem informasi) selain PAS, tetapi semua data yang dibutuhkan PAS harus diisi, dan bila ada supervisi PAS harus dapat dipergunakan.
Yah....sama saja to... Ini berbeda, dana RSBI tidak boleh dianggarkan untuk konsultan kaitannya dengan merubah interface/sejenisnya dari PAS, termasuk tidak boleh untuk membayar programmer guna me-re-assembly PAS. WOW...Inilah tantangannya.....
Sehingga dengan kebijakan tersebut, tanggal 15 Januari 2009 dilaksanakan imbas PAS-SMA ke semua perangkat sekolah demi tercapainya target = semua data yang dibutuhkan PAS harus terpenuhi.

Meskipun masih terdapat beberapa kelemahan PAS, diantaranya:
1. Untuk PSB, belum mendukung calon siswa dari luar propinsi.
2. Mata pelajaran muatan lokal tidak dapat diisi lebih dari 1 macam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar